Sabtu, 22 Oktober 2016

10 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Ingin Cepat Lulus Kuliah - GO KAMPUS

0

Hai kawan2 apa kabar

Saya akan berbagi artikel yang saya peroleh dari blog GO KAMPUS tentang kiat2 untuk cepat lulus kuliah. Kiat2 ini bisa di bandingkan dengan kiat2 yang pernah saya tulis berdasarkan pengalaman saya probadi di TIPS CEPAT LULUS KULIAH

Mungkin artikel ini mempunyai perbedaan tips dengan artikel yang pernah saya tulis tapi setidaknya bisa menambah referensi bagi anda dalam mengejar mimpi anda dalam kuliah cepat

10 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Ingin Cepat Lulus Kuliah

Semua mahasiswa pasti punya impian untuk cepat lulus kuliah, lulus dengan waktu maksimal 3,5 tahun plus mendapatkan IPK cumlaude menjadi idaman bagi kebanyakan mahasiswa. Ditambah lagi dengan isu yang saya baca dari situs kompas.com rencana pemerintah untuk membatasi jenjang S1 hanya 10 semester atau hanya 5 tahun saja, tentu hal ini menjadi pemacu semangat untuk cepat lulus kuliah.

Biaya hidup selama kuliah yang setiap tahun selalu meningkat, ditambah desakan dari orang tua supaya kita bisa lebih cepat lulus kuliah dan bisa bekerja, menjadi alasan untuk kita ingin lebih cepat lulus kuliah. Namun untuk bisa cepat lulus kuliah tidak cukup hanya dengan datang duduk lalu pulang, perlu perjuangan yang sungguh sungguh agar anda bisa cepat lulus kuliah.
10 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Ingin Cepat Lulus Kuliah

Berikut ini adalah hal hal yang bisa anda lakukan supaya anda lebih cepat lulus kuliah

1. Usahakan selalu masuk kuliah dan kerjakan tugas yang di berikan dosen

Selalu masuk kuliah dan mengerjakan tugas merupakan cara yang paling jitu agar anda lebih cepat lulus kuliah, karena pada umumnya meskipun seorang mahasiswa tidak terlalu pintar tetapi jika selalu hadir dan mengerjakan tugas nilai anda bisa minimal B.

Sesibuk apapun kamu pastikan jangan pernah meninggalkan kuliah dan tidak mengerjakan tugas, karena seorang dosen pada umumnya sangat mengapresiasi mahasiswa yang rajin datang kuliah dan mengerjakan tugas.

2. Selalu mengambil SKS tertinggi tiap semesternya

Mengambil 24 SKS tiap semesternya akan membantu kamu untuk lebih cepat lulus kuliah, kenapa? karena kamu hitung saja 24 SKS jika dikalikan 7 maka kamu bisa wisuda hanya membutuhkan waktu 7 semester atau 3,5 tahun, tetapi tidak semua mahasiswa bisa mengambil 24 SKS, hanya siswa yang memiliki IP minimal 3,5 yang berhak mendapatkannya.

3. Kuliah melalui jalur bidikmisi

Jika kamu adalah mahasiswa yang kuliah melalui jalur bidikmisi, maka kamu adalah salah satu orang yang sangat beruntung, kenapa bisa beruntung? karena seorang mahasiswa bidikmisi akan dituntuk untuk ber -IP minimal 3, hal ini lah yang membuat kamu akan rajin berangkat kuliah dan selalu mengerjakan tugas.

Tuntutan untuk lulus cepat oleh sistem bidikmisi juga menjadi faktor pendorong untuk semangat kuliah, karena jika kamu melebihi 8 semester maka kamu tidak akan mendapatkan biaya bidikmisi lagi atau di putuskan.

4. Jaga kesehatan tubuhmu

Sering kali kita tidak sadar bahwa menjaga kesehatan tubuh untuk selalu fit itu sangat penting, karena dengan tubuh yang fit maka kamu sudah satu langkah lebih cepat untuk lulus kuliah, misalkan jika anda belama-lama sakit, sudah pasti kamu akan banyak meninggalkan mata kuliah, padahal setiap dosen maksimal memberikan 3-4 kesempatan untuk absen, jika lebih siap siap untuk mendapatkan nilai E dan mengulang satu semester lagi.

Jadi pastikan untuk kamu selalu menjaga tubuh tetap fit, dengan membiasakan pola hidup sehat, rutin berolahraga, dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk tubuhmu.

5. Jangan telalu sering begadang, apalagi untuk hal hal yang gak penting

Haji Rhoma irama bahkan sudah menciptakan lagu untuk jangan biasakan begadang, karena dampak begadang itu memang sangat sangat buruk, kalau begadang untuk mengerjakan tugas kuliah sekali sekali tidaklah masalah, tetapi begadang hanya untuk nonton bola setiap malam dan main game itu sangat-sangat merugikan diri sendiri.

Begadang sampai dini hari akan membuat istirahat malam kamu terganggu ujung-ujungnya bangun jam 10-11 pagi, gimana maju masuk kuliah coba? yang ada kamu akan absen untuk hari tersebut. 
Jadi jika kamu ingin cepat lulus dan ber IPK cumlade pastikan kamu jangan begadang untuk hal yang tidak penting dulu,.

6. Selalu mengikuti Arahan dan perintah dosenmu

Dulu waktu kita SMA mungkin berbeda pendapat dengan guru itu tidak terlalu masalah, tetapi jika berbeda pendapat dengan dosen  atau suka membantah bisa-bisa dosen tersebut tidak menyukaimu. Jika jiwa berdebat pada dirimu memang benar-benar kuat pastikan kamu mengenali karakter dosenmu, jangan sampai gara-gara hal tersebut urusan akademikmu di persulit. untuk berjaga-jaga pastikan kamu mendekati dosen dosen killer, dan ikuti saja aturan-nya jika hal tersebut memang benar.

7. Jangan ter-ikut dengan pergaulan bebas

Sewaktu menjadi mahasiswa baru kamu pasti sedikit terkejut dengan kebiasaan abang dan kakak senior kamu yang suka kumpul kebo di kos-kosan. Dan jika kamu punya doi dikampus ini juga cobaan yang paling berat.

Untuk menghindari itu pastikan kamu selalu intropeksi diri dan pikirkan kembali apa tujuanmu kuliah, beribadah dan berdoa sesuai keyakinan masing-masing akan membuat kamu jauh dari hal hal negatif. jangan sampai jauh-jauh dari kampung untuk kuliah eh malah terjerumus. mau cepat lulus kuliah atau mau cepat nikah? karena cukup sering terjadi hal-hal tersebut yang keburuh nikah karena pertanggung jawaban atas apa yang terjadi. Masa depanmu ada ditanganmu sendiri, jangan sampai masa depanmu rusak karena perbuatanmu sendiri.

8. Begaul dengan teman teman yang yang cerdas

Bergaul dengan orang yang selalu berkembang akan membuatmu juga semakin berkembang, ibaratkan jika kamu dekat dengan seorang penjual ikan otomatis kamu juga akan bau amis ikan. seperti itu juga dengan teman, jika kamu berteman dengan orang pintar kamu juga akan ikut ikut pintar, tetapi bukan berarti kamu harus menjauhi teman-teman lainnya. sah-sah saja asal cerdas dalam memilih teman.

9. Kurangilah bermain-main

Terkadang yang membuat seorang mahasiswa lama lulusnya karena kesukaan untuk bermain-main, seperti jalan jalan ke bioskop, nongkrong, diskusi, main ke rumah teman, main ke kampus teman, naik gunung, traveling, main game online dan lain-lain yang menyita banyak waktu pada masa-masa semester awal perkuliahan yang terkenal dengan tugas yang menumpuk.

10. Jangan Ikuti Semua Organisasi, cukup satu dan maksimal 2 organisasi saja.

Organisasi sering menjadi alasan seorang mahasiswa untuk molor kuliah, karena sebuah organisasi sering melakukan kegiatan-kegiatan di jam kuliah. Jangan sampai kamu lebih mementingkan organisasi dari pada mata kuliah.

Memang menjadi mahasiswa aktivis adalah mahasiswa mulia, berjiwa tinnggi, punya mindset dan keterampilan diluar studi kuliah yang menjadi nilai plus ketika lulus nanti, tetapi jika benar benar ingin cepat lulus coba ikuti hanya 1 atau 2 organisasi saja.

BACA ARTIKEL LULUS KULIAH CEPAT YANG INSPIRATIF DI SINI

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com