Minggu, 23 Oktober 2016

10 Cara Paling Ampuh agar Kuliah Cepat Lulus versi unnes.net

0

Hai kawan2 apa kabar

Saya akan berbagi artikel yang saya peroleh dari blog unnes.net tentang kiat2 untuk cepat lulus kuliah. Kiat2 ini bisa di bandingkan dengan kiat2 yang pernah saya tulis berdasarkan pengalaman saya probadi di TIPS CEPAT LULUS KULIAH

Mungkin artikel ini mempunyai perbedaan tips dengan artikel yang pernah saya tulis tapi setidaknya bisa menambah referensi bagi anda dalam mengejar mimpi anda dalam kuliah cepat




Siapa yang tidak mendambakan kuliah cepat lulus? lulus 3.5 tahun plus IPK cumlaude menjadi idaman kebanyakan mahasiswa.

Apalagi dengan munculnya isu mengenai jenjang S1 yang rencananya akan dibatasi hanya 10 semester alias 5 Tahun.

Biaya kost dan Hidup yang tiap tahun selalu meningkat, belum lagi desakan dari ortu yang menghendaki kita segera lulus dan cari kerja, cukup menjadi alasan untuk kamu agar cepat lulus.

Berikut 10 Cara Paling Ampuh agar Kuliah Cepat Lulus;

10-cara-ampuh-agar-kuliah-cepat-lulus
cepat lulus wisuda (photo; blogger)

1. Rajin Berangkat Kuliah dan Ngerjain Tugas

Ini adalah cara pertama yang paling ampuh dan menjadi kunci dari cara-cara lain dibawah dan yang paling banyak jalani oleh banyak mahasiswa, Sesibuk atau setumpuk apapun masalah kamu jangan sampai meninggalkan kuliah dan mengerjakan Tugas.

Kamu tak perlu pintar atau aktif berdiskusi di kelas walaupun itu lebih baik. Hanya selalu berangkat kuliah saja dan mengerjakan tugas, seburuk apapun nilai ujianmu nilaimu minimal B karena dosen seringkali mengapresiasi mahasiswa yang rajin berangkat kuliah.

2. Selalu ambil 24 SKS Tiap Semester

Tidak semua mahasiswa bisa mengambil 24 SKS, hanya mahasiswa ber IP diatas 3,5 saja yang mendapat apresiasi ini. Hitung saja jika per semester kamu dapat mengambil 24 SKS hanya perlu 7 semestar saja plus wisuda.

3. Ikut Beasiswa Bidikmisi

Jika kamu mahasiswa bidikmisi beruntunglah kamu, kamu akan selalu dituntut untuk ber-IP min 3 yang membuat rajin berangkat kuliah dan mengerjakan tugas pastinya.

Selain itu kamu juga dituntut lulus cepat oleh sistem, karena jika kamu melebihi 8 semester siap-siaplah untuk mencari uang saku sendiri,hhe...

4. Jaga Kesehatan

jangan kamu anggap kesehatan tidak mempengaruhi kelulusan, coba bayangkan jika mesti harus berlama-lama sakit, kamu pasti sudah banyak meninggalkan kuliah, padahal kesempatanmu bolos per mata kuliah hanya 4 kali, itupun jika presensi makulmu 16 pertemuan.

Maka dari itu biasakan hidup sehat, rutinlah berolahraga dan minumlah susu yang cocok bagi tubuhmu,hhe...

5 Kurangi Begadang Malam

Begadang malam sampai pagi membuat istrahat malam kamu kurang yang ujung-ujungnya kamu bangun siang jam 9 ato jam 10 pagi, bagaimana jika kamu hari itu ada kuliah jam 7 dan 9? hmm... pastinya bablas smua alias bolos kuliah hari itu.

Jadi kurangi begadang malam jika kamu ingin cepat lulus dan ber-ipk cumlaude, karena rata-rata mahasiswa yang selalu begadang malam punya Pikirannya Out Of the Box (opo kuwi?golek google dewe yo?) atau ia punya Jiwa Wirausaha yang tak begitu memikirkan cepat lulus dan IPK cumlaude.

Pikir matang dulu jika diajak nongkrong begadang sampai pagi oleh kakak kost atau mbak kost, bisa aja mereka uda tinggal skripsi doang.

6. Selalu meng "IYA" kan kata Dosenmu

Walaupun kita sudah bukan di SMA lagi, kadangkala masih ada Dosen yang tidak suka mahasiswa yang berbeda pendapat dengannya atau suka bantah.

 Jika jiwa watakmu memang suka berdebat dan membantah kenali karakter dosenmu dulu, bisa aja kamu dipersulit urusan akademikmu.

Jadi sekedar untuk jaga-jaga dekati para dosen Killer, iya kan saja apa perkataanya jika memang perkataan itu benar.

7. Hindari Pergaulan Bebas

Sebagai mahasiswa baru pasti kamu kaget dengan kebiasaan sebagian kakak atau mbak kost yang sukanya kumpul kebo dikost-an (bahasa kerenya Mbojo)

Jika kamu punya pacar dikampus ini merupakan cobaan yang paling berat. Coba instropeksi,pikirkan kembali apa tujuanmu disini, kamu ingin cepat lulus kuliah atau cepat nikah, karena tidak sedikit contoh dari kakak2mu yang keburu nikah karena kewajiban.

 Jika kamu mengarah pada hal-hal itu ingat orang tua, Ibu. Jika kamu muslim bacalah quran surat An-Nur ayat 1-5 untuk pencerahan.

Masa depanmu ada ditanganmu jangan sampai rusak karena ulah  perbuatanmu sendiri.

8. Kumpuli Teman Paling pintar di Kelas

Bertemanlah dengan teman pintar dikelas, kalau perlu dekati ia, pacari, supaya kamu semangat berangkat kuliah dan mengerjakan tugas, karena bisa bareng-bareng.

9. Kurangi Main-main

Kadangkala yang membuat kita lulus lama adalah kesukaan kita akan jalan-jalan, tiap hari jalan-jalan ke bioskop, nongkrong, diskusi, maen ke rumah teman, maen ke kampus teman, naik gunung, traveling dan lain-lain yang menyita banyak waktumu karena kamu masih semester awal yang seabrek tugasnya.

10. Jangan Ikut Organisasi

Organisasi seringkali jadi alasanmu kuliah molor, suka bolos karena kegiatan organisasi, mementingkan organisasi daripada kuliah, dll.

Aktivis kampus adalah mahasiswa paling mulia, berjiwa sosial tinggi, punya mindset out of the box, dan keterampilan diluar studi kuliah yang bisa menjadi tambahan atau nilai plus ketika ia nanti lulus.

 Jika kamu memang ingin cepat lulus, dan bekerja sesuai studymu sudahlah jangan ikut organisasi jika kamu tak totalitas di organisasi itu, adanya malah kamu repotin temen organisasi, karena hanya mikirin kamu yang gag pernah datang dan berkontribusi dalam kegiatan-kegiatannya.


BACA ARTIKEL LULUS KULIAH CEPAT YANG INSPIRATIF DI SINI

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com