Rabu, 30 Juli 2014

PERJUANGAN DOA MENUJU KESUKSESAN KULIAH

0

Syalom kawan2. Salam sejahtera untuk kita semua. 
Tentu kawan2 dalam keadaan yang sehat bukan. Hari ini adalah hari luar biasa, dimana saya akan mencoba share seputar perjuangan doa yang mengubah prestasi sekolah saya dari yang terpuruk menjadi luar biasa. 

Kawan2, doa itu mempunyai kekuatan yang luar biasa. Mungkin kita berpikir bahwa itu hanya sebuah rangkaian kata2, tapi anda tidak akan pernah tahu ketika anda melihat apa yang anda minta dalam doa menjadi nyata. Hem,,, SADAR hai kawan2, doa itu luar biasa, jadi kalau kalian lagi dalam kesusahan tinggal berdoa ke Tuhan Yesus, and all your problem will be finished.

Inilah kisah saya sewaktu saya masih sekolah dasar (SD), yah saya adalah seorang anak nakal yang sering berkelahi baik individual maupun dalam group. Tapi kebanyakan sih individual gitu. Hehehe. Tiap jam istirahat saya dan teman membuat kompetisi perkelahian ringan, dan mungkin saat itu kami menyukai berkelahi karena sering nonton film pendekar cina ataupun film heroik india. Hahaha. Tapi itu adalah masa lalu. Masa lalu di SD yang penuh perkelahian dan dengan prestasi yang sangat buruk.

Setiap menerima lapor, orang tua saya sering mengatakan "gimana yah kalau km bisa rangking 1, pasti saya senang bangat". Tapi ini merupakan suatu statement yang paling membosankan yang saya dengar sewaktu di SD.

Setamat di SD dengan prestasi yang sangat buruk, saya mencoba untuk mendaftar di suatu SMP favorite di tempat saya dimana sekolah itu berisi orang-orang terbaik dari tiap-tiap SD yang ada di tempat saya. Sebenarnya saya pun daftar karena orang tua saya yang suruh. Saya awalnya mau milih SMP yang lain, tapi okelah saya mendaftar di SMP favorite itu dulu. Entar kalau gak lolos baru lah ke SMP lain. Sewaktu mendaftar, saya bertemu dengan tmn2 SD saya yg semuanya rata2 masuk peringkat 10 besar, sedangkan saya, selalu berada dalam peringkat 3 besar DARI BELAKANG, hahaha, Maksudnya selalu punya nilai paling rendah 3 besar. haha. Disitu saya mulai berpikir apakah saya bisa masuk ke SMP favorite tersebut.

Awalnya saya mencoba berdoa agar saya bisa benar2 lulus seleksi masuk SMP tersebut. Saya tekun berdoa tanpa begitu yakin apakah doa itu akan terjawab atau tidak. Dan setelah pengumuman, ternyata saya lolos. Saya berpikir, apakah doa sy terkabul, ataukah keberuntungan, karena soalnya pilihan ganda, jadi bisa aja beruntung. Hehehe

Masuk sekolah, saya benar2 geleng2 kepala. Semua siswa2 sungguh punya otak yang luar biasa, ketika mengerjakan soal dalam kelas  saya baru mengerjakan 1 soal, mereka sudah mengerjakan 10 soal. Hahaha, kayaknya susah untuk ngejar mereka dengan kemampuan yang luar biasa. Dari situ saya tahu, bahwa saya tidak bisa mengandalkan apa2 selain doa dkepada Tuhan, Saya tidak begitu punya semngat 10x lipat untuk kerja keras mengejar mereka. Mungkin saya hanya mampu untuk kerja keras 1x lipat sama seperti mereka bahkan mungkin kurang dari itu. Karena mereka rajin belajar, jadi kalau mereka berlajar 3 jam sehari di rumah, maka mungkin saya hanya belajar 1 jam bahkan mungkin tidak. Jadi dari sisi logika, sampai kapanpun saya tidak akan bisa mengejar mereka. 

Tapi KABAR BAIKNYA, saya punya Tuhan Yesus yang sangat baik, yang membuat belajar saya 1 jam di rumah bisa setara dengan 30 jam belajar atau 10x lipat dari usaha teman2 saya. Itu karena saya terus berdoa dan yakin Tuhan punya rencana luar biasa dalam hidup saya. Anda harus ingat bahwa terkadang ketika kita udah hampir putus asa maka di situlah pertolongan Tuhan datang dan membuat setiap orang yang percaya dalam nama Tuhan Yesus tidak akan di permalukan. Saya mulai berdoa dengan terstruktur dengan membuka hari dengan doa pagi dan menutup hari dengan doa malam. Sungguh dashat pengaruhnya kawan2.

Semester pertama, adalah hal yang tidak bisa diperkirakan, saya mendapat rangking 5. Wow, ini sungguh luar biasa, dengan berada di kelas para genius saya bisa mendapat rengking tersebut. Dari situ semangat belajar saya mulai naik, saya dari situ bukan hanya berdoa keras, tapi juga kerja keras. Kemudian semester berikutnya saya mendapat rangking 4. Ini makin luar biasa lagi, ada sebuah perekembangan.

Syukur tanpa henti2 saya panjatkan ke Tuhan Yesus, dan memang saya mencoba bersyukur dengan salah satu cara ikut kegiatan sosial gereja. Naik kelas 2 SMP disemester pertama, Tuhan memberikan saya suatu mujizat, dimana apa yang susah untuk saya percayai menjadi nyata dalam hidup saya. Itu adalah ketika pembagian lapor, saya mendapat rangking 1. Itulah permulaan masa2 gemilang saya kawan2. Masuk semester 2, rangking itu tetap bertahan di tangan saya. Bahkan sampai saya tamat SMP, Tuhan tetap mempercayakan saya untuk mendapat rangking 1.

"Ketika anda berada dalam sebuah prestasi luar biasa, hal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu adalah bersyukur ke Tuhan Yesus yang telah memberikan segalanya kepada anda, dan anda akan lihat bahwa prestasi anda sekarang tidak akan hilang dari tangan anda"
Itulah yang saya lakukan sehingga sejak rangking 1 berada di tangan saya, tidak ada siswa yang bisa merebut dari tangan saya, karena itu semua adalah karena anugerah Tuhan Yesus. Jadi ketika anda sekarang berada dalam keputus asaaan, JIKA anda ingin berubah, anda harus percaya Tuhan Yesus, anda harus berdoa dan Tuhan Yesus akan mengubah hidup anda. Kalau anda bingung, anda bisa berdoa seperti ini :

"Tuhan Yesus, mungkin aku belum mengenalmu, tapi sekarang, aku ingin mengenalmu lebih dalam dan mengakuimu sebagai juruselamatku. Banyak persoalan hidup yang saya alami sekarang, tetapi saya menyerahkan semuanya ke dalam tanganmu, biarlah Engkau yang mengatur segalanya. Dan semoga mulai hari ini, aku bisa semakin belajar tentang ajaran kasihmu dan semakin dekat denganmu. Amin."

Siapapun saudara, apakah saudara adalah sampah atau buangan iblis, ataukah anda mantan dari pengikut iblis ataukan andah mantan bos dari iblis, Jika anda bertobat, Tuhan Yesus menerima anda, siapapun anda, Tuhan Yesus akan menerima anda dengan tangan terbuka. Kalau hari ini anda membaca artikel ini, dan anda ingin menjadi pengikut dan percaya Yesus, serahkan sekarang juga diri anda ke Tuhan Yesus, berdoalah dan kunjungi gereja atau pastor terdekat untuk meminta bimbingan menuju jalan keselamatan yaitu Yesus.

Kita lanjut, setelah saya lulus SMP, saya masuk SMA, di SMA nilai2 saya begitu anjlok, karena saya kebanyakan fokus ke bisnis sehingga sekolah menjadi nomor 2. Hal itu membuat saya selalu bertengker di peringkat 10. Hehe, tapi saya tetap bersyukur karena saya masih bisa dapat rangking padahal gak pernah belajar. Disemester 1 dan 2 ketika kelas 3 SMA saya mulai menyusun rencana utk benar2 belajar keras mempersiapkan UAN dan untuk ke universitas. Saya berdoa keras dan belajar keras lebih dari yang pernah saya lakukan. Dan di semester 1, semua siswa dalam kelas saya benar2 terdiam dan terpukau, ketika saya dipanggil sebagai peringkat pertama dalam kelas itu. Karena setahu mereka saya ini fokusnya ke bisnis dan biasanya peringkatnya selalu di peringkat 10. Ini adalah hal yang luar biasa yang membuat saya benar2 senang dan bangga. Dan saya yakin itu semua karena Tuhan Yesus yang sangat baik pada saya. Begitupun di semester 2, kelas 3 saya tetap mempertahankan prestasi itu yaitu peringkat pertama.


Memasuki UAN, ada beberapa mata pelajaran yang termasuk UAN dan salah satunya adalah FISIKA. Hem,,bukannya sombong, tapi FISIKA ini adalah mata pelajaran favorite saya dan tentu nilai saya selalu berada paling besar, Bahkans aya jadi siswa favorite guru fisika sehingga setiap siswa yg mempunyai masalah dengan guru fisika ini pasti meminta bantuan saya untuk menyelesaikannya. Hehe. Saat UAN, saya benar2 sibuk mengerjakan soal FISIKA sehingga hampir lupa untuk memindahkan apa yang telah saya kerjakan ke kertas jawaban saya. Akibatnya setelah 5 menit sebelum selesai UAN Fisika, pengawas memberitahu bahwa waktu tinggal 5 menit, saya baru sadar bahwa ini adalah UAN, saya sudah mengerjakan hampir semua soal tapi belum ada yang dipindahkan, bahkan 5 menit mustahil untuk memindahkan semua soal dengan cara (mebulatkan jawaban)/menghitamkan pilihan ke lembar jawaban dengan pinsil 2b. Akibatnya saya hanya memindahkan beberapa jawaban saja, dan yang lain saya langsung bulatin hitam tanpa melihat jawaban yang telah saya dapatkan dari hasil hitungan dengan cara acak.

Setelah UAN selesai, mulai ada bayangan bahwa mungkin saya benar2 tidak akan lulus gara2 fisika ini. saya hanya memindahkan beberapa jawaban hasil hitungan dan lainnya hanya jawaban menebak untuk mengejar waktu. Saya benar2 takut tidak lulus, dan saya terus berdoa ke Tuhan Yesus dengan sagat tekun dan keras, karena saya tahu hanya mujizat yang membuat saya bisa lulus. Dan pengumuman keluar, SAYA LULUS tapi dengan nilai FISIKA standar, bahkan satu soal lagipun saya salah maka saya akan gagal. Senang sekali rasanya. Tapi dari nilai tersebut bukankah ganjil rasanya seorang yang benar2 ahli dalam fisika dan anak kesayangan guru fisika bisa mempunya nilai paling rendah bahkan pasti paling rendah se-Nasional. Hem, saya sadar, bahwa ketika saya mulai tinggi hati dengan kemampuan saya, Tuhan menegur saya dan memperlihatkan bahwa tanpa Dia (Tuhan YESUS), saya bukanlah siapa2.

"Tanpa Tuhan Yesus, Saya bukanlah siapa2"

Anda harus sadar kawan2, mungkin hari ini anda punya prestasi yang luar biasa, atau kekayaan luar biasa, tapi jika anda tidak mengandalkan Tuhan Yesus dalam setiap langkah hidup anda, maka anda tidak akan jadi apa2. Prestasi yang anda bangun bisa lenyap dalam sekejap bahkan kekayaan anda bisa raup dalam sekejap juga. Tapi jika anda rendah hati dan mengandalkan hidup anda ke Tuhan Yesus maka Dia akan mebuat hidup anda berlimpah berkat.

Masuk kuliah, doa tidak luput dari senjata saya paling ampuh dalam menghdapi semua tantangan yang ada. Saya menghadapi semua tantangan berat, dosen yang killer, administrasi yang cukup ribet bahkan kehidupan ota yang mahal. Tapi Dalam Nama Tuhan Yesus, semua itu bisa terlewati, hanya dalam nama Yesus, semua makhluk didunia ini betekuk lutut. Dosen, Dekan, Rektor, bukanlah suatu penghambat bahkan dosen killer bisa memberi saya nilai A di mata kuliahnya padahal dia tidak pernah memberi nilai A pada siswa selama ini. Itu semua karena kebaikan Tuhan Yesus. Masalah memang banyak tapi percayalah dalam Tuhan Yesus, kita bisa melewati masalah itu.

Perjuangan doa dan kerja keras membuat saya sukses kuliah 3 tahun dengan IPK cumlaude dalam meraih gelar sarjana teknik. Tulisan ini bukanlah suatu artikel untuk menyombongkan prestasi yang saya peroleh tetapi untuk bersyukur ke Tuhan Yesus yang telah memberikan segalanya dalam hidup saya. Doa bisa mengubah segala, berdoalah ke Tuhan Yesus. Anda harus tahu, jika  Tuhan Yesus bisa memberikan prestasi gemilang pada diri saya, maka Dia juga bisa memberikan prestasi gemilang pada anda, bahkan lebih luar biasa dari apa yang telah saya peroleh.


"one song can change a moment
one idea can change a world
but a prayer can change the impossible to be possible"

Kita hidup bukan hanya mengejar sebuah prestasi perkuliahan/yang lain yang gemilang, atau mengejar piala atau penghargaan yang luar biasa. Prestasi atau piala bisa berdebu dan bisa dilupakan orang. Tapi kita hidup untuk memuliakan Tuhan Yesus, yang merupakan juruselamat kita. Dia pernah datang ke dunia ini 2000 tahun lalu, untuk menebus dosa2 kita. Dia rela mati di salib demi kita, itu adalah bukti nyata bahwa Allah Bapa sayang kepada kita manusia sehingga Dia mengutus putranya yang tunggal yaitu Yesus supaya setiap orang percaya didalam namanya akan menerima kehidupan yang kekal. Karena tidak ada nama satupun didunia ini yang bisa menyelamatkan manusia kecuali nama Yesus.

Bagi anda para pembaca, mari serahkan segala ke Tuhan Yesus dan berdoa bersama :

Tuhan Yesus, pada hari ini saya benar2 menjadi sadar bahwa engkau adalah satu-satunya Juruselamat ku. Maka, mulai hari ini, saya menyerahkan segala hidup saya ke dalam tangamu. Biarlah engkau yang mengaturnya. Dan mulai hari ini saya ingin benar2 menjadi dekat dengan Mu dan percaya bahwa engkau Tuhan yang sungguh baik pada ku. Didalam nama Yesus, Saya telah berdoa. Amin

Terima Kasih telah membaca artikel ini. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, mohon klik G+1 di pojok kiri atas, dan berikan komentar pendapat anda pada kolom komentar di bawah ini.

Tuhan Yesus memberkati.


BACA ARTIKEL LAIN DI KLIK DISINI

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com