Blog ini akan berjuang sekuat tenaga memotivasi dan mensupport anda untuk menuju ke puncak kejayaan anda (kingmotivation.blogspot.com)

Selasa, 20 Agustus 2013

CARA CEPAT LULUS KULIAH


          


Sebuah Kisah Nyata yang dituangkan dalam sebuah tulisan untuk memotivasi dan memberi semangat

Artikel ini akan mengungkap trik dan tips:
Menjadi Ketua Organisasi 

LULUS SARJANA (teknik) dalam waktu 3 Tahun dengan IPK Cumlaude (>3,51) 

ANDA JUGA BISA

“Hai kawan, apa kabar? Ini adalah artikel berupa sharing pengalaman yang sudah di rencakan untuk menulisnya beberapa tahun yang lalu ketika saat masuk ke perguruan tinggi pada tahun 2008, tapi baru hari ini bisa menulisnya. Semoga artikel ini bisa memecahkan semua mitos dan pikiran negatif ketika anda memasuki dunia perkuliahan. Karena ketidaksenangan dengan mitos mitos yang menghambat untuk berkembang kawan dan telah terbukti bahwa mitos negatif yang terdengar di bangku perkuliahan itu tidak benar. Harapannya artikel ini bisa membuat anda untuk selesai kuliah dengan super cepat dengan IPK yang luar biasa plus soft skill yang wonderfull. Mau tahu kuncinya? Baca sampai habis, jangan lewatkan satu katapun karena saya kuatir  satu kata bisa membuat anda salah jalan dan salah memahami”.
Artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman penulis dan ini adalah suatu prestasi sang penulis yang telah diinginkan sejak 6 tahun yang lalu ketika penulis berada di bangku SMA kelas 1 dimana bermimpi untuk kuliah dengan waktu 3 tahun. Tidak ada yang mustahil, yang terpenting bermimpilah, jagalah mimpi itu, berusahalah dan berdoalah dan Lihat apa yang terjadi.


                    Semuanya  Berawal  dari  Mimpi

             Mimpi adalah sesuatu yang sangat penting kawan. Mimpi yang dapat mengantar meraih sesuatu yang lebih dalam hidup ini. Ibarat sebuah kompas yang memberi petunjuk ke mana akan mengarah, bahkan mimpi yang selalu memberi semangat yang luar biasa. Ketika gagal, selalu mengingat mimpi dan semangat akan kembali seperti semula. Tidak pernah berpikir menyerah untuk bermimpi karena ketika berhenti bermimpi, itu berarti bahwa berhenti untuk berusaha. Berhenti berusaha berarti menyerah dalam hidup, dan itu tidak ada dalam kamusku kawan. 

Jangan takut untuk bermimpi karena kita akan lebih berani bertindak ketika memiliki mimpi. Ups... mimpi mempunyai arti yang sangat luas, tapi ini bukan sekadar hanya bermimpi kawan tapi bagaimana mewujudkan mimpi itu. Bukan seperti mimpi di malam hari kawan tapi ini adalah mimpi dimana membuat susah untuk tidur karena berpikir bagaimana mewujudkannya. Tidak ada salahnya untuk bermimpi tinggi karena akan memacu semangat untuk berusaha yang tinggi pula. Dan memungkinkan bahwa walaupun mimpi itu tidak terwujud setidaknya usaha yang keras memberikan hasil yang besar juga.

Sewaktu kita kecil, terkadang kita punya banyak mimpi. Ingin memiliki ini itu dan lain-lain bahkan bermimpi untuk menjadi ini dan itu, dan tidak ada salahnya. Waktu itu kita hanya berpikir polos tanpa memikirkan hal lain misalnya usaha untuk mewujudkannya. Tapi ketika kita bertumbuh dewasa hanya segelintir kecil orang saja yang bisa tetap menjaga mimpi itu. Terkadang kita mengubah mimpi itu, mengubah dan terus mengubah sampai mimpi itu menjadi mimpi paling kecil dan sederhana. Mengapa? Karena tentunya kita merasa dan sadar bahwa hal itu sulit untuk terwujud. Apakah ini salah? Ini normal tapi jangan biarkan ini terjadi dalam hidup. Tidak ada yang mudah dalam hidup ini artinya tetap jaga mimpi itu walaupun susah untuk terwujud. Karena yang paling susah adalah menjaga mimpi itu.

Apakah anda sudah memiliki mimpi itu? Kalau belum buat segera kawan, buat apa yang ingin anda capai dalam hidup. Hidup hanya sekali artinya setiap waktu anda sangat penting. Disini kita harus sadar bahwa kita menggunakan waktu yang sangat penting yang hanya kita peroleh sekali dalam hidup ini artinya buatlah mimpi yang penting, mimpi yang sangat besar kawan. Karena anda menggunakan waktu berharga anda yang tidak akan pernah anda dapat lagi jadi itu sepadan ketika anda menginginkan mimpi yang besar.

Jangan takut untuk gagal dalam mewujudkan impian kawan. Yang terpenting berfokuslah lah terlebih dahulu ke mimpi itu , berjuang dan teruslah berjuang, dan lihat hasilnya. Setidaknya akan mendapat pengalaman yang luarbiasa, walaupun gagal dalam mewujudkan impian  tersebut. Ketika kita berpikir bahwa Impian itu bisa tercapai, maka kita sudah memastikan bahwa itu benar-benar akan terwujud. Jadi kita adalah apa yang kita pikirkan. Ketika kita berpikir tidak bisa maka kita akan benar-benar tidak bisa, tetapi ketika kita berpikir bisa maka kita akan bisa.


                   Memasuki Dunia Perkuliahan


Dunia perkuliahan adalah dunia yang fantastic, dimana di sini kita di tuntut untuk menjadi dewasa. Tidak seperti lagi ketika di bangku sekolah SMA di mana kita mempunyai waktu rutinitas yang hampir sama tiap hari yaitu masuk pagi jam 08.00 dan pulang jam 02.00 dengan berpakaian yang telah di tentukan sekolah. Semuanya telah di atur dan kita tinggal menjalaninya, ya lumayan mudah tapi membosankan. Dan ketika kita melanggar, maka kita akan mendapat sanksi dari sekolah. Dan terkadang kita akan menjumpai orang yang sering bolos atau absen tapi ujung-ujungnya mereka bisa ikut semester dan bisa naik kelas, ya sama aja dengan yang rajin masuk..hehehe.. Biasanya didunia sekolah yang terpenting asal bisa naik kelas dan lulus UAN... diluar itu jangan takut... Berbeda dengan perkuliahan dimana ketika kita tidak masuk kuliah tidak ada yang akan memarahi kita, tetapi resikonya akan  gagal di mata kuliah tersebut dan akan mengulang periode berikutnya atau tahun depan. Gagal dimata kuliah juga gak terlalu berpengaruh ke diri atau malu dibandingkan ketika tidak naik kelas di sekolah yang bisa membuat kita terkenal satu sekolah. Ya bisa dibilang hidup santai. Ingin berpakaian warna apapun ke kampus ya bebas, terserah masing-masing pribadi, ada yang gaya rocker, gaya cowboy, pokoknya macam-macamlah toh gak ada aturan yang membatasi. Itulah dunia perkuliahan dimana semuanya butuh kedewasaan, apakah anda punya prinsip atau gak. itu tergantung anda, ataukah apakah anda adalah orang yang suka ikut-ikutan atau tampil berbeda semuanya tergantung anda. Karena kesuksesan anda tidak tergantung orang lain tapi anda sendiri yang menentukannya. 

Menjadi mahasiswa serasa keren, udah bisa atur diri sendiri, bebas dan lain-lain. Padahal di balik kebebasan itu ada tuntutan tanggung jawab yang besar dan itulah yang kurasa kawan ketika  menjadi mahasiswa.  takut tidak bisa mengontrol semuanya tapi ya syukurlah semuanya terkendali sampai  lulus kuliah. Karena sebelumnya anda harus ingat bahwa anda kuliah pastinya orang tua punya harapan yang sangat besar bahwa anda akan bisa lulus suatu kelak. Apakah ini uda ada dalam pikiran anda?? Sadarkah anda berapa biaya yang anda habiskan untuk menyelesaikan kuliah? Sadarkah anda betapa kerasnya orang tua mencari biaya demi menyokong  kuliah anda? Bisa di bayangkan ketika semua jerih payah dan biaya telah dikeluarkan dan dihabiskan tapi anda gagal untuk menyelesaikan kuliah. Anda bisa membayangkan betapa kecewa dan sakitnya orang tua anda tapi mungkin mereka tidak ingin mengatakannya tapi didalam hati itu akan terasa sangat sakit sekali. Sudahkah anda sadar akan itu? Kalau anda sudah sadar berarti itulah titik awal yang akan membuat anda sukses  di perkuliahan. Karena untuk sukses butuh pengorbanan. Pengorbanan untuk mengeluarkan biaya, pengorbanan untuk mengurangi waktu tidur, pengorbanan untuk mengurangi waktu bermain dan senang-senang, pengorbanan untuk keluar dari zona aman, dan lain-lain.


Didunia perkuliahan anda akan melihat banyak karakter yang aneh,  anda akan melihat orang-orang yang serasa seperti singa yang terlepas dari penjara dimana dulunya di sekolah mereka dikekang dan ketika kuliah mereka akan bebas luarbiasa namun anda juga akan melihat orang yang sangat dewasa yang bisa mengatur segala, pokoknya banyak karakter yang bisa didapati disini. Mulai dari orang yang tidak pernah hadir di kelas sampai orang yang tidak pernah bolos. Hehehe.....


Jadilah orang berkarakter, bukan ikut-ikutan. Mungkin orang akan mengatakan bahwa anda egois atau anda aneh tapi jangan pikirkan itu karena kita tidak bisa membuat semua orang senang kepada kita.  Fokuslah ke impian anda. Karena ketika anda gagal pasti orang-orang terdekat anda akan sedih tapi pesaing anda mungkin akan senang dan ketawa tetapi ketika anda sukses mungkin pesaing anda akan tidak senang melihat anda. Artinya anda sukses atau tidak, itu tidak akan bisa membuat semua orang akan senang sama anda. Karena itulah hidup  jadi berfokuslah ke impian anda. 



Memilih Perguruan Tinggi

Sebelum memilih perguruan tinggi pertama-tama anda harus mengetahui apa impian dalam hidup anda. Ingin jadi apa anda suatu kelak, dari situlah akan diketahui jurusan apa yang bisa mendukung untuk mewujudkan impianmu.


Setelah mengetahui jurusan yang akan dituju, maka dari situ carilah perguruan tinggi dimana jurusan yang anda inginkan yang menjadi favorit di perguruan tinggi tersebut. Artinya anda akan mendapat kualitas dan nama yang bagus ketika lulus nanti ya minimal dapat kebanggaan bahwa anda berasal dari perguruan tinggi yang terkenal...Hehehe...  Tapi perguruan tinggi yang terkenal tidak akan menjamin anda akan mudah mendapat pekerjaan, itu semua kembali ke diri anda, walaupun perguruan tinggi anda biasa-biasa aja tapi anda serius dan belajar giat sehingga memiliki kemampuan dan prestasi, saya kira itu akan memudahkan anda untuk bisa bersaing dengan orang-orang lulusan perguruan tinggi terkenal. Tapi masalah pekerjaan bukan hanya sekedar masalah anda lulusan apa atau apa kualitas anda tapi juga dipengaruhi faktor keberuntungan. Keberuntungan adalah dimana ketika kesiapan bertemu dengan kesempatan, Jadi ada kesempatan dan anda punya persiapan yang mantap maka itu namanya beruntung. Walaupun pintar bangat tapi gak ada kesempatan ya mana bisa... Hehehe

Oleh sebab itu walaupun anda masuk ke perguruan tinggi biasa-biasa aja jangan terlalu minder, tetaplah melangkah dengan percaya diri bahwa anda bisa bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi terkenal. Semuanya kembali ke diri masing-masing, sebagus apapun pun perguruan tinggi dimana anda kuliah tapi ketika malas malasan ya sama aja dengan bullshit.

Mitos-Mitos yang Beredar

Sebelum dan setelah memasuki dunia perkuliahan terkadang kita akan mendengar mitos – mitos yang postif dan negatif yang bisa mempengaruhi semangat kita untuk menghadapi perkuliahan. Ini biasanya seperti kabar burung yang gak tahu asal muasalnya dari mana. Tapi saya akan menjelaskan bahwa mitos-mitos ini tidak benar :


  • Kuliah susah untuk cepat lulus apalagi di jurusan TEKNIK
  • Susah untuk dapat IPK tinggi
  • Organisasi dan kuliah susah untuk berjalan bersamaan.
  • Butuh otak cerdas untuk bisa lulus cepat dan IPK tinggi
  • Dosen-dosennya killer jadi susah untuk lulus

Inilah mitos-mitos kawan yang seringkali terdengar dan pastinya mengurangi semangat para mahasiswa untuk bertindak jauh dan berprestasi lebih tinggi.


      Hari Pertama Kuliah

Hari pertama kuliah biasanya hari yang berkesan. Bertemu dengan teman-teman yang baru, dengan tempat belajar yang baru, kondisi yang baru, semuanya serba barulah... dan pastinya harapan baru. Di hari pertama anda akan diperkenalkan banyak hal mulai dari dosen-dosen yang akan mengajar anda, aktifitas-aktifitas jurusan anda, komunitas dan himpunan, dan lain-lain.


Disinilah anda harus tahu benar berapa jumlah SKS (ini adalah semacam satuan kredit di dalam perkuliahan) yang harus diselesaikan sampai anda lulus kuliah. Cobalah minta daftar mata kuliah beserta jumlah satuan SKS nya serta daftar dosen-dosen yang mengajar mata kuliah tersebut. Dari situ maka anda akan mengetahui mata kuliah apa aja yang akan anda peroleh selama kuliah misalnya semester 1 mata kuliah apa aja yang akn anda peroleh. Dari situlah maka anda bisa menyusun siasat dan strategi,,, cieeh... kata2nya terlalu tinggi..hehehe. Lembaran itulah yang menjadi peta anda, jangan sampai hilang... Nanti nyasar kalau hilang, nyasarnya bisa sampai DO atau pun kuliah jadi lama... hehehe. Jadi usahakan jangan nyasar dengan menyimpan baik-baik petanya.

   Strategi

Belajar keras tidak menjamin untuk bisa cepat selesai kuliah. Jadi perlu strategi yang jitu. Disini kita tidak mengandalkan kemampuan untuk belajar 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 12 bulan setahun hehehe... Tapi kita menggunakan strategi dimana sedikit belajar tapi hasil maksimal... Wow mantappp......



 Strategi mensiasati SKS

Dalam perkuliahan biasanya diwajibkan untuk mengambil sekitar 144 SKS untuk bisa menyelesaikan program Sarjana S1 dengan waktu tempuh normal 8 semester atau 4 tahun. Tiap perguruan tinggi biasanya berbeda tapi bedanya biasanya 1-2 SKS doang...  Tapi jangan kuatir karena saya akan memberikan contoh untuk menyelesaikan 147 SKS dalam waktu sesingkat-singkatnya. Disini anda coba keluarkan peta yang disimpan tadi, maksud saya lembar yang berisi mata kuliah yang anda akan peroleh selama kuliah....hehehe
Contoh pembagian SKS per tiap semester dengan jumlah total 147 SKS









Itulah kurang lebih pembagian SKS per tiap semester. Namun di beberapa kampus biasa terdapat semester pendek dimana anda bisa mengambil mata kuliah yang lain atau mengulang suatu mata kuliah  sehingga anda bisa cepat selesai kuliah. Saya sarankan gunakan semester pendek ini dengan baik. Oleh sebab ketika anda memilih suatu perguruan tinggi anda harus memastikan bahwa di perguruan tinggi tersebut terdapat semester pendek dan sistem semester pendeknya gimana karena itulah kuncinya kawan untuk lulus cepat.


Masuk Semester 1 dan 2 (Tahun pertama)

Okay, kita mulai sekarang pembahasannya, memasuki semester 1 dan semester 2, kita belum bisa berbuat banyak karena kita mendapat kewajiban untuk menyelesaikan 38 SKS yaitu 19 SKS di semester 1 dan 19 SKS di semester 2. Dimana di sini kita belum bisa untuk mengambil banyak SKS, jadi tidak ada jalan selain anda berusaha untuk  lulus semua mata kuliah tersebut dengan nilai yang bagus agar di semester berikutnya anda mempunyai kesempatan untuk mengambil mata kuliah  yang lebih banyak. Mau tidak mau anda harus berusaha dan berjuang bagaimana anda bisa mendapat IPK sekitar 3,5 supaya jalan ke depannya bisa lebih lancar. Tapi jangan takut, semester 1 dan semester 2 biasanya terdiri dari mata kuliah yang pelajarannya telah anda dapatkan dulu di SMA kawan. Jadi sangat besar peluang untuk bisa mendapatkan IPK 3,5 bahkan 4,0 hahahaha (ngotot bangat). Yang penting anda yakin dan percaya maka pasti bisa.  pernah membaca sebuah kata mutiara yaitu Percaya adalah yakin terhadap apa yang tidak kita lihat dan imbalan atas keyakinan itu adalah melihat apa yang kita percaya, wow...luar biasa bukan. Jadi mulai sekarang anda harus percaya dan yakin anda bisa meraih impian anda.

                 Masuk Semester Pendek (Tahun pertama)

Semester pendek adalah semester yang diadakan sekali setahun yaitu setiap semester genap telah selesai dimana semester pendek ini mempunyai tujuan untuk memperbaiki nilai ataupun mempercepat kuliah. Disemester pendek ini biasanya kita mempunyai kesempatan untuk bisa memperoleh SKS maksimal 10 SKS, dan akan berlangsung kurang lebih 2 bulan kawan. Semester pendek ini bukanlah suatu kewajiban untuk mengikutinya, kebanyakan mahasiswa lebih memilih mengambil liburan selama 2 bulan ketimbang mengikuti semester pendek.  Tapi di sini anda harus berbeda dengan orang lain, anda harus punya prinsip, hidup jangan ikut-ikutan. Kalau anda ingin mendapat hasil lebih, anda juga harus berbuat lebih dong artinya anda harus mengorbankan waktu senang-senang/liburan selama 2 bulan dan anda gunakan untuk mengambil semester  pendek. Tidak ada hasil yang besar tanpa pengorbanan yang besar juga, jadi jika anda sudah komitmen lkanlah dan jangan ragu-ragu. Yakinlah bahwa ini yang membuat anda berbeda dengan yang lain. Usahakan mengambil sebanyak-banyaknya SKS di semester pendek ini, asumsikan 10 SKS dan usahakan anda bisa lulus semua artinya ketika semester pendek selesai anda telah menyelesaikan 48 SKS dimana 38 SKS telah anda selesaikan di semester 1 dan semester 2 dan 10 SKS di semester pendek. Ketika anda mengambil mata kuliah di semester pendek ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan :
   Ambillah mata kuliah yang berada di semester ganjil karena jumlah total SKS di semester ganjil (total dari semester 1,3,5,7) lebih banyak dibandingkan jumlah total SKS di semester genap (total dari semester 2,4,6,8)

  Anda bisa mengambil mata kuliah yang berada di semester 3 pada semester pendek tahun pertama ini sehingga jumlah SKS anda di semester 3 bisa menjadi berkurang.



   Jika anda jurusan teknik ataupun jurusan yang terdapat hitung-hitungan saya menyarankan anda untuk mengambil mata kuliah hitungan dibandingkan mata kuliah hafalan karena biasanya mata kuliah hitungan lebih susah dan jika anda mengambilnya di semester pendek dan anda lulus itu berarti anda akan mengurangi beban anda di semester 3. Karena anda harus ingat bahwa target di semester 3 adalah mengambil 24 SKS dan itu terlalu berat ketika banyak mata kuliah hitungan di semester tersebut makanya dengan taktik ini maka akan mengurangi sedikit beban anda di semester 3. Jadi total SKS yang telah selesai adalah 38 SKS, dengan rincian sebagai berikut :



Masuk semester 3 (Tahun kedua)

Di semester  3 beban SKS normal anda adalah 20 SKS tetapi karena 10 SKS telah anda selesaikan di semester pendek dengan nilai yang memuaskan (ciehhh) maka beban SKS anda menjadi 10 SKS. Disini target anda adalah mengambil 24 SKS artinya anda harus menambah 14 SKS. Tambahan 14 SKS ini bisa anda ambil dari semester ganjil lain yaitu dari semester 5 ataupun semester 7. Terkadang disemester 7 terdapat mata kuliah yang tidak mensyaratkan mengambil mata kuliah lain terlebih dahulu untuk mengambil mata kuliah tersebut artinya anda bisa mengambil mata kuliah semester 7 tersebut di semester 3 dan biasanya mata kuliah tersebut berupa mata kuliah hafalan, tapi ini tidak selalu hafalan biasa juga mata kuliah hitungan. Anggap aja tambahan mata kuliah sebesar 14 SKS ini anda ambil 10 SKS dari mata kuliah semester 5 dan 4 SKS dari mata kuliah semester 7. 




Dalam memilih tambahan mata kuliah untuk semester 3 yang diambil dari mata kuliah semester 5 dan semester 7 ada beberapa pertimbangan :

Ambillah mata kuliah yang tidak muncul di semester pendek akan datang supaya pada saat semester pendek berikutnya anda bisa mengambil mata kuliah lain. Untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang akan muncul di semester pendek berikutnya anda bisa menanyakan ke tata usaha disamping itu anda bisa mencari jadwal semester pendek 2 tahun sebelumnya untuk menganalisa tingkat kemunculan mata kuliah tersebut di semester pendek. Ambillah mata kuliah yang tingkat kesusahannya bisa disesuaikan dengan mata kuliah yang sudah ada di semester 3 artinya jangan sampai anda mengambil semua mata kuliah yang tingkat kesusahannya sangat tinggi itu berarti anda butuh kerja yang super jadi usahakan supaya seimbang sehingga semester 3 tidak terlalu berat buat anda. Ingat disini kita menggunakan strategi bukan hanya sekedar mengambil mata kuliah dan membuat anda berat dan menjadi sukar untuk lulus. Kalau bisa ada kesimbangan antara mata kuliah hafalan dengan mata kuliah hitungan. Tapi yang paling penting adalah poin pertama di mana anda harus mengambil mata kuliah yang tidak terdapat di semester pendek berikutnya. Biasanya terdapat mata kuliah praktikum di semester 7 dimana mata kuliah praktikum ini tidak bisa dilkan di semester pendek, anda bisa mencoba untuk mengambil praktikum semester 5 untuk semester 3 sehingga praktikum semester 7 bisa anda ambil di semester 5. Artinya di semester 3 anda akan mengikuti  2 praktikum, wow... begitu menguras tenaga. Tapi jangan takut kalau anda uda komitmen, anda harus tetap jalan terus sesuai impian anda. Jangan terlalu peduli dengan mitos bahwa praktikum  itu susah, percayalah semuanya gampang ketika anda belajar. Disini anda harus berani berkorban untuk mengurangi waktu tidur anda untuk bisa mempersiapkan praktikum dan menyelesaikan semua tugas-tugas praktikum. Yang terpenting jagalah kesehatan sebaik-baiknya. Persiapkan beberapa galon air mineral dimana anda harus sering-sering minum air putih ketika anda begadang agar aliran oksigen ke otak anda bisa lancar.  Tapi pastinya akan membuat anda sering-sering ke toilet untuk buang air kecil.... hehehe. Lumayan membuang waktu, mungkin anda akan menempati urutan pertama di daftar list pengunjung yang paling sering ke toilet..hahaha, tapi setidaknya itu adalah awal anda menjadi juara pertama walaupun dimulai dari juara pertama pegunjung toilet terbanyak... hehehe
Adapun total SKS yang telah diselesaikan adalah sebagai berikut :


Masuk Semester 4 (Tahun Kedua)

Memasuki semester 4 terkadang semangat uda mulai menurun, tenaga uda mulai habis,wahh.... Terasa bahwa semuanya uda mulai membosankan. Ini normal kawan, semua orang juga pasti merasakan. Saya pun juga merasakan hal ini dan mungkin di semester 4 inilah yang bisa menjadi puncak kemalasan kita. Malas dalam kehidupan itu normal, tapi yang terpenting anda harus tahu batas mana kemalasan anda itu, jangan sampai menuju ke titik yang paling parah. Ketika anda berada di kondisi ini anda harus bimbingan ke dosen wali anda untuk mendapatkan semangat lagi, anda coba luangkan waktu sedikit untuk refreshing nonton bioskop, atau jalan-jalan kemana lah yang bisa membuat refreshing. Anda bisa mencoba untuk melihat video-video motivasi atau film motivasi, disini saya merekomendasikan film laskar pelangi, sang pemimpi dan Three Idiots karena film tersebut bagus untuk membangun semangat anda. Untuk menyadarkan anda bahwa betapa banyak orang diluar sana yang ingin bersekolah tetapi mereka tidak punya uang ataupun kondisi mereka tidak mendukung tapi sekarang anda mendapat kesempatan dengan dukungan yang tinggi, apakah anda ingin mensia-siakan itu semuanya? Itu kembali lagi ke diri masing-masing kawan. Apakah anda pernah sadar bahwa ada suatu saat dimana orang tua anda tidak lagi mampu untuk membiayai anda, dan artinya akan membuat anda berhenti untuk bersekolah, pernahkah itu terlintas dalam bayangan anda. Atau pernahkan anda membayangkan ketika anda belum selesai sekolah dan orang tua anda tidak sempat melihat anda lulus karena di panggil menghadap ke hadirat Tuhan. Sadarkah anda semua itu? Sadarkah akan berapa biaya yang anda keluarkan tiap tahun untuk menempuh perkuliahan. Kalau anda sadar akan hal itu bergegaslah untuk terus bersemangat dan melanjutkan perjalanan ini kawan. Buktikan bahwa orang tua anda bisa bangga melihat anda lulus kuliah.

Bagi anda yang mungkin orang tuanya telah tiada, percayakah anda bahwa orang tua anda melihat anda dari alam baka dan menginginkan anda untuk sukses. Coba bayangkan apa yang orang tua anda usahakan dan perjuangkan untuk anda sebelum mereka tiada, semuanya itu dengan harapan bahwa suatu kelak anda bisa lulus kuliah , balaslah semua itu dengan membuktikan bahwa anda bisa lulus kuliah dengan baik.

Okay, kembali ke pokok bahasan dimana sekarang anda berada disemester 4. Disemester 4 anda telah memiliki beban sks sebesar 20 SKS artinya anda tinggal menambahkan 4 SKS yang di ambil dari semester 6. Karena di semester 4 ini target harus mengambil 24 sks juga. Tapi jangan asal ngambil harus dibarengi dengan keyakinan kuat bahwa anda harus bisa lulus semua mata kuliah dengan nilai memuasakan...(terus ngotot). Jangan lupa untuk terus berdiskusi dengan dosen pembimbing anda untuk mengambil mata kuliah tetapi bukan berarti anda harus mengikuti semua saran dosen pembimbing anda. Anda bisa mengambil cara lain dengan menegoisasi untuk mengambil mata kuliah yang lain. Disinilah penting soft skill kawan dimana akan membantu anda untuk negoisasi dengan dosen pembimbing anda. Soft skill bisa anda peroleh dengan aktif mengikuti organisasi.

Bagi anda yang mempunyai mata kuliah Kerja Praktik Lapangan di semester 4 inilah anda harus untuk mulai melkannya. Carilah Kerja Praktik Lapangan  yang bisa dilkan berdampingan dengan kuliah dimana anda tidak full time di perusahan tapi hanya beberapa jam tiap pertemuan saja untuk mengamati proses, menganalisa, mengambil data, berdiskusi dan lain-lain. Biasanya kerja praktek ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 3 bulan lebih. Anda juga harus cepat untuk mulai menyusun laporan sehingga di ujung semester 4 anda bisa melkan seminar hasil kerja praktek anda di lapangan.



Jadi total SKS yang telah diselesaikan adalah sebagai berikut :



           Masuk Semester Pendek (Tahun Kedua)

Memasuki semester pendek Tahun kedua, anda bisa mengambil 10 SKS yang terdiri dari 5 SKS dari semester 5 dan 5 SKS dari semester 6. Ini hanyalah sebuah rancangan, anda bisa mengambil SKS menyesuaikan dengan kondisi perkuliahan yang telah anda peroleh. Memasuki semester pendek tahun kedua, lagi-lagi anda harus rela untuk mengorbankan waktu liburan anda untuk mengambil semester pendek. Nasib... nasib.... harus sengsara terus... hahaha, tapi jangan kuatir karena sedikit lagi mimpi anda akan terwujud. Anda akan mengejutkan kampus anda bahwa seorang anak biasa dengan latar belakang biasa dan dengan kemampuan biasa-biasa juga, penampilan biasa-biasa,...hehehe (artinya bisa dibilang semuanya serba biasa tapi gak apa-apalah) selesai kuliah dalam waktu singkat dengan predikat CUMLAUDE . Kok bisa,,,,, ??? Bisa dong, karena disini kita tidak hanya menggunakan tenaga untuk belajar terus, tapi kita menggunakan STRATEGI.... yang unik yang bisa membuat orang biasa menjadi luar biasa dengan sedikit usaha tapi hasil maksimal. Penampilan kita boleh biasa-biasa aja tapi STRATEGI kita luar biasa... itu yang membedakan kita dengan orang lain.


Adapun total SKS yang telah diselesaikan adalah sebagai berikut :



        Masuk Semester 5 (Tahun Ketiga)

Memasuki semester 5 adalah memasuki semester terakhir kawan. Inilah kunci untuk menyelesaikan semua mata kuliah yang tersisa di semester ganjil kawan. Di semester inilah semangat mulai menggebu-gebu kembali. Semester terakhir.... what? Iya dong..... Hehehe. Di semester 5 beban sks tinggal  5 sks jadi kita masih kekurangan 19 sks, kan mau ngambil 24 sks (kekuatan penuh) hahaha. Iya dong harus All atakutack terus... konsisten. Anda bisa mengambil semua SKS yang ada di semester 7 yang sisanya 16 SKS sehingga semester 7 anda uda kosong, jadi jumlah SKS anda yang ada di semester 5 adalah 21 SKS. Disini anda masih bisa mengambil 3 sks lagi tapi uda kosong, gimana dong? Ya disinilah saatnya anda menggunakan 3 SKS untuk mengambil mata kuliah di semester ganjil yang nilainya masih jelek yang mungkin nilai E, D, C, B atau nilai A sekalipun... hahaha, mungkin anda ingin jadi master di mata kuliah tersebut jadi ngulang mata kuliah dgn nilai A. Dengan selesainya semester 5 berarti anda uda menyelesaikan semua mata kuliah di semester ganjil, dan disinilah kerja keras anda mulai tampak terlihat. Kini anda mulai berjalan dengan kepala tegap ke atas, tapi hati-hati kesandung batu, anda  mulai jual gigi alias tersenyum  dan anda akan menyadari bahwa tas anda mulai robek karena over muatan menambung dan membawa buku selama ini. Anda mulai sadar bahwa sepatu anda uda gak punya sol nya saking sibuknya menyusun strategi jadi lupa ganti sepatu, bahkan mungkin anda melihat rambut anda uda gondrong karena gak pernah di gunting lagi. Ketika anda kembali ke kosan mungkin anda uda mulai melihat ternyata atap uda mulai di penuhi sarang laba-laba, kok bisa ya perasaan kemarin bersih bangat kok sekarang uda kotor bangat,,,, kemarin apa  nih maksudnya? Kemarinn 2 tahun yang lalu.... ya? hahaha 



Bagi anda yang mempunyai 2 kali mata kuliah kerja praktek (Magang/praktek kerja) yaitu kerja praktek 1 dan kerja praktek 2, di semester 5 inilah waktunya anda untuk melkan kerja praktek 2. Dimana kerja praktek 1 telah anda lakukan disemester 4. Yakinlah bahwa anda bisa menghandel semuanya, karena saya telah membuktikan bahwa semuanya bisa untuk dilakukan. Carilah perusahan yang dapat memungkinkan anda untuk melakukan penelitian sambil bisa ke kampus untuk mengikuti kuliah. Memang cukup repot dan melelahkan tapi ini hanya sementara waktu kawan, jangan kuatir.




Masuk Semester 6 (Tahun Ketiga)

        Memasuki Semester 6, beban SKS normal anda tinggal 11SKS yang asalnya adalah 20 SKS  karena 4 SKS telah anda ambil di semester 4 dan 5 SKS yang lain anda ambil di semester pendek tahun kedua. Jadi anda masih kekurangan 13 SKS jika ingin tampil All Attack...hahaha. Anda bisa mengambil 9 SKS dari semester 8 artinya anda mengambil SKRIPSI/TA pada semester tersebut sehingga jumlah SKS yang anda peroleh di semester 6 adalah 20 SKS. Trus 4 sks ambil dari mana dong soalnya uda habis semua nih??? 
Kan komitmen tampil habis-habisan jadi mau ngambil 24 SKS, Jangan kuatir, 4 SKS bisa anda ambil dari mata kuliah anda yang mungkin masih mendapat nilai E, D, C, B atau A sekalipun jika anda kurang kerjaan.  Berusahalah habis-habisan agar anda bisa lulus semua di semester 6 ini. Persiapkan dan kerjakan baik-baik skripsi anda, hadapi sidang dengan kepercayaan yang tinggi. Karena semester ini semuanya akan selesai. 


Jadi jumlah SKS yang telah selesai adalah sebagai berikut :



Setelah menyelesaikan semester 6 dan melihat pengumuman bahwa anda lulus semua mata kuliah tersebut dengan hasil maksimal terutama ketika anda dinyatakan lulus di sidang dan mendapat nilai A pada skripsi anda, disitulah betapa senangnya perasaan anda. Apa yang telah anda bangun selama ini, apa yang anda usahakan selama ini, anda rasakan hasil hari ini. Semua jerih payah anda untuk belajar, begadang, untuk tidak berlibur dan lain-lain anda rasakan bahwa semuanya tidak sia-sia. Anda bisa menyelesaikan semuanya dengan waktu yang sangat singkat, hanya 3 tahun dengan nilai yang memuaskan.


     Menikmati Hidup seperti orang tanpa Tujuan

Anda akan berjalan ke kampus dengan rasa senang dan bangga, bahkan yang dulunya anda ke kampus dengan tas yang penuh buku bahkan mungkin tangan anda pun terlihat memegang buku apalagi bukunya merupakan buku impor dari universitas amerika, pakaian rapi, dengan sepatu dan baju berkerah dan berangkat pagi pulang malam bahkan mungkin orang-orang kosan anda tidak pernah melihat anda karena saking sibuknya anda di luar, tapi sekarang semuanya uda berubah kawan, anda mulai bangun siang dan ke kampus siang hari dengan pakaian kaos, celana pendek, pakai sandal karena sepatu uda rusak parah tanpa membawa tas sambil merokok dan senyum-senyum gak jelas tanpa merasa takut untuk di marahi. Hehehe, mungkin satpam akan menegur anda tapi anda tetap akan tersenyum sambil berkata “apa kabar pak” dan mungkin orang-oang uda menganggap anda uda gila karena stress belajar. Tapi anda akan tetap tersenyum dan mengatakan betapa indahnya dunia ini. Orang – orang akan melihat anda dan bertanya-tanya kok ada mahasiswa gila yang muncul di kampus yang datang jam 12 siang dan pulang jam 1 siang dengan pakaian compang camping. Hahaha. Dan anda akan sadar bahwa berat anda sekarang ketika ke kampus berkurang 10 kg karena anda uda tidak membawa buku yang beratnya 10 kg. Itulah yang akan anda rasakan kawan ketika anda berada di posisi saat itu. Saat itu, anda akan merasa hidup sangatlah ringan, semuanya seperti menyenangkan, dan mungkin anda akan tekejut melihat banyak perubahan yang anda tidak sadari. Anda ke kantin dan menghabiskan waktu seharian untuk ngobrol, dan semua orang akan bingung karena biasanya anda ke kantin dengan waktu yang sangat singkat dengan makan yang terburu-buru karena mengejar jadwal kuliah yang padat yang tidak memberikan waktu kosong sedikitpun untuk makan, tapi kini anda menghabiskan waktu yang banyak untuk ngobrol yang gak jelas sambil mengomentari semua hal yang gak penting. Inilah waktu-waktunya yang sangat bahagia, anda menghabiskan waktu di kantin, di tempat nongkrong untuk bercerita, seperti orang yang tidak punya beban, tugas ataupun tujuan. 

Anda akan melihat orang-orang yang berlari sana sini untuk mengikuti perkuliahan, orang-orang di perpustakaan yang serius membaca, tapi anda akan jalan dengan santai tanpa tujuan yang jelas. Mungkin orang-orang perpustakaan bingung dan menanti anda di perpustakaan karena anda adalah pengunjung paling aktif perpustakaan tetapi anda gak muncul-muncul, bahkan mungkin anda sudah terkenal sebagai pemenang pengunjung perpustakaan terbanyak selama tiga tahun berturut-turut tetapi sekarang anda udah gak muncul lagi di perpustakaan. Semua orang mungkin merindukan dan menantikan anda di perpustakaan dan bahkan gelar anda sebagai pengunjung perpustakaan terbanyak terpatahkan, tetapi anda tetap senyum-senyum dan melihat semuanya sangat luar biasa karena impian dan target anda tercapai. Anda akan mulai membawa hardisk ke kampus dan meminta software game ke semua teman anda dan menginstalanya di laptop anda sambil bermain sepanjang hari. Mungkin orang-orang akan melihat, kok tumben orang ini main game, setahu saya dia gak suka game, tapi anda akan tetap cuek dan menikmati game, sambil berkata saya bukannya gak suka game tapi memori laptop saya gak muat untuk menyimpan game karena penuh dengan file pelajaran tetapi sekarang uda dihapus dan diganti dengan game. Orang-orang akan bingung dan mungkin akan sangat curiga bahwa anda uda berada di tingkat stress stadium tinggi. Mungkin anda akan membuat pengumuman bahwa menerima tantangan main game PES ke semua orang di universitas baik mahasiswa maupun dosen. Hahaha, 

Orang-orang akan mengira anda benar-benar kurang waras tapi anda tidak peduli karena ingat anda adalah pembuat sejarah dan yang terbaik yang mungkin gak ada seorang pun yang percaya dengan apa yang anda raih di dunia akademik, jadi sekarang beralih ke dunia game untuk mengukir prestasi baru tapi mungkin jalan anda gak begitu mulus karena akan muncul para gamer2 yang tidak pernah muncul-muncul di kampus dan tiba-tiba tumben datang untuk menantang game dan mengalahkan anda tanpa ampun dengan skor tak kurang dari 2 digit. Hahaha. Inilah hasil yang anda peroleh kawan ketika berani untuk berkorban dalam meraih target. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini ketika anda berusaha dan berdoa. Anda pasti bisa, hanya masalah waktu yang akan menentukan anda akan sukses ketika sudah berusaha dan berdoa.

Masuk Semester Pendek (Tahun Ketiga) 

  
Di semester pendek tahun ketiga ini anda bisa gunakan untuk memperbaiki nilai anda sambil mengejar IPK > 3,51 untuk mengejar predikat cumlaude. Mungkin anda ingin mengulang nilai B untuk mengejar IPK 4,0 ? Tidak ada salahnya, bahkan mengulang nilai A pun tidak masalah, sekalian menjadi donatur buat universitas anda, hahaha...  Tapi ketika anda uda memperoleh IPK > 3,51 dan semua mata kuliah uda lulus ya anda bisa gunakan semester pendek ini untuk bersantai. Mungkin di kondisi ini anda akan merasa banyak yang sudah berubah, seperti teman-teman angkatan anda yang mulai berkurang tanpa jelas kabarnya pindah atau berhenti, mungkin anda melihat bahwa kosan anda uda seperti gudang yang kotor karena uda gak pernah dibersihin, rambut anda yang uda lebih panjang  dari rambut wanita. Anda bisa gunakan waktu semester pendek ini untuk pergi ke tukang cukur, membeli pakaian baru, sepatu baru dan lain-lain. Inilah yang akan anda rasakan, dan di sinilah anda harus memulai untuk membuat mimpi baru yang ingin anda wujudkan. Karena sang pemimpi tidak akan pernah berhenti untuk bermimpi.


Strategi Mengatur Waktu Antara Kuliah, Organisasi dan Kerja Praktek

Manajemen waktu memang sangat sulit kawan. Tapi intinya adalah disiplin, ketika kita disiplin pasti untuk memanajemen waktu jadi gampang. Dalam manajemen waktu anda harus pegang prinsip yaitu yang terpenting adalah kuliah baru organisasi kawan, jadi ketika terdapat dua urusan dimana keduanya sama-sama penting maka anda akan melihat prinsip tadi. Tapi beda ketika ada urusan organisasi yang sangat penting dan anda mempunyai jadwal kelas kuliah, anda bisa memilih untuk mengerjakan urusan organisasi dengan mensiasati meminta izin atau nitip absen. Hehehe.....

 Pertimbangan yang penting seputar jadwal kuliah anda :

Sistem dan aturan untuk mengikuti perkuliahan bermacam-macam tergantung dari dosennya teman-teman. Ada dosen yang mengharuskan untuk hadir terus tiap pertemuan mata kuliah dan selalu di cek tiap pertemuan  dimana di sini susah untuk di siasati jadi satu-satunya jalan anda ketika ada urusan penting adalah izin ataupun bolos tapi dengan memperhatikan batas jumlah yang diperbolehkan untuk tidak hadir. Dan ada juga sistem dimana dosen tidak memperhatikan kehadiran, disinilah anda harus manfaatkan benar-benar sistem ini kawan. 

Biasanya pertemuan yang penting yang saya sarankan untuk wajib anda hadiri adalah pertemuan pertama, pertemuan terakhir, pertemuan ketika ada Quiz atau tes, diluar itu anda bisa nitib absen..Hehehe. Kenapa? Karena dipertemuan pertama anda akan mengetahui sitem penilain dosen itu jadi anda bisa prediksi nilai kamu nanti gimana terus apa aja yang akan dibahas selama satu semester tersebut, sistem ujian, dan bermacam-macam. Dan ini sangat penting kawan untuk mementukan strategi anda untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus. Sedangkan untuk pertemuan terakhir adalah pertemuan yang penting juga karena di sini biasa dosen akan menjelaskan tentang kisi-kisi sebelum ujian semester, pokok bahasan apa aja yang akan keluar di ujian semester, dan lain-lain. 


Disamping itu ketika ada Quiz atau Ujian anda harus pastinya hadir biar nilai anda tidak kosong. Bagi anda yang punya ujian mid semester berarti anda harus hadir pada pertemuan  sebelum mid semester (untuk mengetahui kisi-kisi mid semester) dan  pertemuan setelah mid semester (untuk mengetahui nilai dan ikut ujian ulang jika nilai masih jelek) diluar pertemuan yang saya telah jelaskan anda bisa nitip absen jika memang anda ada keperluan. Kenapa? Memang jika anda rajin masuk kelas maka setidaknya anda akan lebih mengerti apa yang dijelaskan di kelas dibandingkan yang jarang hadir. Tapi itu tidak selamanya menjamin kawan. Ketika anda punya urusan jangan ragu-ragu untuk nitip absen dengan syarat anda harus meminjam catatan teman anda dan anda minta diajarin apa yang telah dijelaskan dosen disamping itu anda berusaha untuk mengulangi pelajaran tersebut di kosan/rumah. Karena dalam perkuliahan, pastinya anda akan ada banyak urusan berupa urusan organisasi, urusan kerja praktek, dan lain-lain. Kenapa saya mengatakan itu kawan karena saya juga mengalami dimana hampir tiap hari pasti ada urusan berupa urusan kerja praktek apalagi kalau perusahannya jauh pasti butuh waktu, disamping itu urusan organisasi mungkin rapat dan lain-lain. Dengan strategi tersebut saya bisa menyelesaikan kuliah dengan cepat disamping itu bisa menjalankan amanah sebagai ketua di salah satu unit kemahasiswaan.

 Pertimbangan yang penting seputar jadwal kerja Praktek :

 Kerja Praktek lapangan memang begitu menguras waktu dan tenaga, makanya anda harus benar-benar bisa mengefisienkan waktu anda ketika melkan kerja praktek. Sebelum ke sana anda harus konsultasi dulu dengan dosen pembimbing anda di kampus tentang apa aja yang akan di teliti, dikerjakan dan di amati sehingga ketika anda ke perusahan jadi gak bingung dan buang-buang waktu. Ketika kerja praktek di perusahan gunakan waktu seefisien mungkin dengan menganalisa masalah-masalah dilapangan ataupun proses kerja suatu mesin, Lakukanlah diskusi secara aktif dengan para operator, engineer, supervisor. Usahakan setiap pertemuan anda mempunyai progress. Disamping itu cobalah meminta nomor kontak pembimbing anda  di perusahan tersebut agar jika anda ke perusahan untuk kerja praktek anda bisa bertemua dengannya dan melkan diskusi untuk membahas progres yang ada. Pastikan bahwa pembimbing anda ada di perusahan sebelum anda ke sana agar bisa berdiskusi dan  memperlihatkan progres dari kerja praktek anda. Disamping itu usahakan anda ke perusahan pada pagi hari sehingga anda mempunyai banyak waktu untuk melkan penelitian, dan lain-lain. Karena ketika anda pergi pada siang hari atau sore kemungkinan anda tidak akan mencapai apa yang anda targetkan karena orang-orang cepat pulang. Jadi cobalah untuk pergi pada pagi hari. Disinilah anda menyesuaikan dengan waktu kuliah dimana anda bisa memilih hari dimana anda bisa nitip absen/izin dan pergi ke perusahan pada pagi hari. Buat jadwal di mana anda akan melkan pertemuan dengan pembimbing anda di perusahan dan pastikan apakah pembimbing anda setuju dengan jadwal tersebut.

Pertimbangan seputar jadwal untuk organisasi

Anda bisa mengikuti banyak organisasi di kampus tapi saya sarankan untuk tidak mengikuti semuanya. Karena disini tujuan kita adalah soft skill artinya tujuan kita adalah kualitas bukan kuantitas. Jadi bisa saja anda memilih satu organisasi tapi anda harus mengejar target menjadi ketua. Atau posisi lain yang mempunyai tanggung jawab yang berat. Disini cobalah untuk mengejar menjadi ketua. Karena dengan menjadi ketua pastinya anda akan mendapat soft skill yang lebih karena anda akan dituntut memimpin dan melakukan komunikasi dengan semua pengurus dan anggota anda. Ketika anda menjadi ketua anda akan belajar bagaimana cara untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang berasal dari daerah lain, bagaimana mengeluarkan pendapat, bagaimana mempengaruh orang lain atau bagaimana bernegoisasi, dan lain-lain, pokoknya banyaklah soft skill yang anda akan peroleh. Disini usahakanlah supaya semua pengurus dan jajaran anda bisa aktif sehingga anda tidak begitu repot untuk langsung turun tangan karena anda tinggal mengawasi. Dengan demikian anda bisa lebih menghemat waktu lebih banyak. Disamping itu ketika anda membuat suatu kegiatan harus jelas waktu mulainya kapan dan waktu selesainya kapan, misalnya membuat meeting, anda sebagai ketua harus tegas untuk menentukan lama meeting, kapan dimulai dan kapan selesai, serta apa saja yang akan dicapai dalam meeting tersebut. Pilihlah moderator yang tegas dan disiplin sehingga meeting bisa berjalan tepat waktu. Karena permasalahan yang membuat meeting biasa jadi lama adalah karena jadwal dan target yang tidak begitu ditepati, tidak jelas dan tidak tegasnya moderator dalam memimpin meeting, disamping itu ada beberapa orang yang mempunyai keegoan untuk tetap mempertahankan pendapat padahal nyata-nyata pendapat itu tidak begitu efektif sebagai solusi buat organisasi tapi tetap aja ngotot karena tidak ingin kalah dan merasa lebih senior dan lain-lain. Anda sebagai ketua harus bisa mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan mendidik anggota yang memiliki kepribadian seperti itu, bahkan mungkin anda bisa menggertak untuk menguji nyali anda sekali-kali . Hehehe.... (peace)  


Motivasi


Motivasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Inilah salah satu dari beberapa hal yang membedakan orang sukses dengan yang lain yaitu motivasi. Orang sukses selalu mencari motivasi sedangkan orang gagal menunggu motivasi. Motivasi ibarat bahan bakar pada mobil yang sangat vital keberadaaannya. Makanya carilah sumber2 motivasi yang bisa memberikan anda motivasi yang luar biasa dalam menggapai impian anda. Jadi pertanyaannya sekarang  adalah apakah anda sudah punya sumber motivasi? Kalau belum jangan kuatir saya akan sharing dan memberi tahu kepada anda sumber motivasi yang luar biasa yang membuat anda akan terus termotivasi.

1. Orang yang anda cintai
           
Ini dia kawan, sumber motivasi yang punya kekuatan yang luar biasa. Siapakah orang yang anda cintai? Pastinya banyak, misalnya orang tua anda, keluarga anda, pacar anda ataupun sahabat anda. Ketika anda kehilangan motivasi/semangat, dengan mengingat mereka pasti anda akan semangat kembali. Pastinya anda tidak ingin membuat mereka kecewa dengan anda, dan pastinya anda akan berusaha membuat mereka bangga dengan anda. Terlebih ke orang tua anda, sudahkan anda berpikir berapa banyak biaya dan berapa besar dukungan orang tua anda untuk mendukung dan membiayai kuliah anda? Ketika anda gagal bisa di bayangkan betapa kecewanya mereka. Sudahkan terlintas dalam benak anda, bagaimana orang tua anda susah payah mencari uang demi menyokong anda untuk kuliah, mungkin mereka berjuang keras di sana, panas-panas, banting tulang tanpa mengenal lelah hanya untuk anda. Apakah itu anda akan sia-siakan? Jawabannya kembali ke pribadi kita masing-masing  kawan. Disini saya hanya memaparkan dan tidak bermaksud untuk memaksa anda. Hehehe. Disamping itu, mungkin anda mempunyai seorang pacar, itu bisa jadi motivasi juga. Bisa dibayangkan ketika anda ke rumah pacar anda, dan orang tuanya bertanya kapan lulus? Atau kapan mau nikahi anak saya? Waw,,,,,, jadi ribet nih,,,hehehe. Pastinya anda akan berjuang untuk membuat calon mertua anda bangga dan percaya pada anda. Sehingga dengan mudah anakanya bisa jatuh ke tangan anda, dan semoga anda orang yang tepat bagi anaknya. Hehehe. Itulah kekuatan dari orang2 yang kita cintai, mereka bisa menjadi motivasi bagi kita.

2. Seminar, Buku dan Video2 motivasi

Ini juga bisa menjadi alternatif bagi anda untuk mendapat motivasi. Anda bisa mencari buku-buku di perpusatakaan atau di gramedia, ataupun mendownloadnya di internet. Anda juga bisa membeli video motivasi ataupun film  motivasi yang bisa memberikan anda semangat seperti Laskar Pelangi, sang pemimpi, Three idiots dan lain-lain. Jangan hanya nonton sinetron yang gak ada akhirnya dan penuh dengan permainan sana sini. Hehehe. Peace (sorry ke yg penggemar sinetron) hehehe. 

"Lewat tulisan ini saya mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Tuhan Yesus Kristus yang selalu membimbing dan menunjukkan jalan kepada saya, karena tanpa Dia saya bukanlah siapa-siapa, hanya karena kemurahan dan kasihnyalah prestasi ini bisa saya peroleh. Dan lewat tulisan ini saya ingin memperlihatkan apa yang Tuhan bisa lakukan dalam hidup saya, supaya setiap orang dapat percaya dan melihat apa yang Tuhan dapat lakukan dalam hidup mereka."

" Commen (Pendapat) anda tentang artikel ini sangat dibutuhkan demi perbaikan dan pengembangan artikel ini, oleh sebab itu kami mengharapkan anda menulis comment anda dibawah ini atau mengklik g+1, bagi yang punya tips dan trip yang lain seputar cara cepat kuliah silahkan share di kolom komentar" GBU

"Terima Kasih Telah Membaca Artikel Yang Luar Biasa ini, kami berharap anda action sekarang untuk mewujudkan impian anda"

Silahkan anda membaca artikel lain yang luar biasa dengan KLIK DISINI


Sharing (free) via BBM : 74045E6D



                   

8 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih masbro infonya, moga aku juga cepet lulus lha (amin) salam blogger (ilhamkom.blogspot.com)

Anonim mengatakan...

Supeeer sekali tipsnya :)(y)
Semoga sy bisa jadi sehebat itu *amiiiiin*
Terimakasih

Anonim mengatakan...

Wah, sepertinya Mas Bro mempunyai banyak persamaan dengan saya:
1. Pengen cepat lulus dan bahagiakan orang tua
2. Anak teknik
3. Hobi main PES

Dan saya juga ngikuti bacaannya dengan nyaman, penyajiaan bacaannya sesuai dengan selera saya.

Semua persamaan dan kenyamanan itu ada dengan saya, mudah-mudah saya bisa cepat tamat juga! Sadhu... Sadhu... Sadhu...

jhon nefi mengatakan...

asalamualaikum.....
tulisan d atas bukan cuma tips bagi saya,tpi adalah nasehat serta pelajaran yg luar biasa memberi manfaat untuk kedepannya.....terimakasih banget ya....semoga Allah melancarkan jalan kita semua....amin ya Allah.....dan yg terpenting, luruskan dulu niat kita ya teman semua....karna untuk melakukan sesuatu itu,demi keberhasilannya tentu harus d awali dulu dari niat......wasalam.....rz

Elvis Tangalayuk mengatakan...

Semoga artikel ini bermanfaat, walaupun masih banyak kekurangan tapi kedepannya akan tetap selalu diperbaiki......

Anonim mengatakan...

Artikel ini super sekali masbro..thanks uda berkenan berbagi

ulli marseli mengatakan...

sumpah !memotivasi banget. sama" anak teknik pingin cepet" lulus dan plus kalo saya pingin cepet" kerja setelah lulus dan kuliah bisa cepet cuman 3 tahun. saya salut loh dengan anda. merelekan yang menyenengkan demi tercapai nya kuliah lulus cumlaude cuma selama 3 tahun. ih keren lah ! *applause*

Cappu Chinno mengatakan...

Artikel ini Sangat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi yang ingin mewujudkan mimpi :)